Sabtu, 29 Maret 2014

 Perhatikan bagan di bawah ini :



















Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC1X9xFgTES-Wkzk-4jwK_Rf2xjZ8SPrQqgfYKov0t0KTkFNj-CmvRPjYM37hoSm2UEBjD0fTZwqO6zL28n_BUMj4B0VRFW2RhxmYHZpKfzir2fDtB71ehGASpMqMNpUHsPDrN_ZXbax4/s1600/skema+perubahan+wujud.jpg

Menurut Haryanto (2007) perubahan wujud benda terdiri atas
Perubahan Wujud Benda Padat Menjadi Benda Cair
          Proses ini dinamakan dengan proses mencair. Beberapa perubahan wujud benda terjadi dalam kehidupan sehari- hari. Contoh setelah diaduk, butiran gula tidak tampak lagi. Gula pasir tidak hilang. Akan tetapi, gula pasir mengalami perubahan wujud. Gula pasir larut di dalam teh panas. Gula pasir berubah wujud dari padat menjadi cair. Ini membutikan bahwa rasa teh yang semula tawar berubah menjadi manis Rasa manis menunjukkan adanya gula. Perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair disebut meleleh atau mencair atau melebur.
          Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai berbagai perubahan benda padat menjadi cair. Pernahkah kamu melihat orang memasak dengan menggunakan margarine atau mentega? Margarin berbentuk padat. Akan tetapi, saat terkena panas dari penggorengan, margarin akan mencair (meleleh). Margarin berubah dari padat menjadi cair.

Perubahan Wujud Benda Cair menjadi Benda Padat
          Proses ini dinamakan membeku. Jika kita memasukkan sekantong air ke dalam freezer, maka air akan berubah menjadi es. Freezer adalah ruang pembekuan dalam lemari es. Air adalah benda cair, sedangkan es merupakan benda padat. Jadi, benda cair dapat berubah menjadi benda padat. Perubahan wujud ini disebut membeku.

Perubahan Wujud Benda Cair Menjadi Benda Gas
          Proses ini dimakan dengan proses menguap. Dalam kehidipan kita sehari-hari, sering kita melihat orang tua memasak air minum. Uap air mudah kamu lihat pada saat memasak air. Uap air juga mudah dilihat pada saat air panas dituang. Ini menandakan bahwa benda cair dapat berubah menjadi benda gas jka dipanaskan. Perubahan benda cair menjadi benda gas disebut menguap.

Perubahan Wujud Benda Gas Menjadi Benda Cair
          Proses ini dimakan mengembun. Perubahan wujud benda gas menjadi benda cair dapat kita lihat jika tutup gelas digunakan untuk menutup cangkir atau gelas berisi minuman panas, kita akan melihat ada butiran air di tutup cangkir. Butiran air itu berasal dari minuman panas yang menguap. Uap minuman bergerak ke atas mengenai tutup gelas. Saat bersentuhan dengan tutup gelas yang semula dingin, maka uap minuman itu berubah menjadi butiran air. Perubahan wujud benda gas menjadi benda cair disebut mengembun atau kondensasi.

Perubahan Wujud Benda Padat Menjadi Benda Gas
          Perubahan wujud zat ini dinamakan dengan proses menyublim. Kamper merupakan benda padat. Jika diletakkan diudara terbuka, kamper lama-kelamahan akan habis. Kamper berubah menjadi gas yang menyebar di udara. Perubahan wujud benda padat menjadi benda gas ini disebut menyublim.

Untuk mengasah pengetahuan, kalian dapat mencoba untuk latihan soal mengenai perubahan wujud zat ini, dengan mengklik http://anomalika.blogspot.com/2014/04/latihan-soal-3-perubahan-wujud-zat.html

0 komentar:

Posting Komentar